blog

blog
Click above to see my blog ....^^^^^^

Tuesday, October 16, 2012

The Generic Strategies Chimory (Differentiation)


Generic Strategies
Ada strategi umum yang dapat digunakan dalam melakukan bisnis/usaha yang nantinya dapat mencapai competitive advantages. Startegi tersebut terbagi 3 (tiga), yaitu: Overall Cost Leadership, Differentiation, dan Focus. Overall Cost Leadership Strategy fokus kepada pembuatan produk dengan biaya yang rendah. Pada strategi ini, pengusaha melakukan pengaturan atas seluruh rantai usahanya untuk mengatur harga jual produk atau jasa yang nantinya akan mucul dipasaran. Pengendalian secara keseluruhan (dari hulu ke hilir) ini dimaksudkan untuk mempertahankan harga produk dari fluktuasi bahan produksi sehingga harga pasar yang ditargetkan tercapai dan tetap stabil. Misalkan Superindo, salah satu Supermarket  yang mengeluarkan brand sendiri untuk produk keperluan sehari-hari (daily needs), seperti: Beras, Gula, air mineral dll. Produk ini dikeluarkan dengan jumlah yang banyak guna menekan harga produksi untuk ,memberikan harga terbaik kepada pelanggan.
Differentiation Strategy mensyaratkan perusahaan untuk membuat produk/jasa yang unik (berbeda) dan bernilai lebih. Pembedaan ini bertujuan untuk memberikan kenyamanan dan kepuasan pada pelanggan sehingga mereka rela mengeluarkan dana yang lebih mahal. Differention Strategy ini dapat berbentuk:
·         Prestige atau Brand Image: Dimana suatu produk/jasa dianggap bernilai karena memiliki citra tersendiri dimata konsumen (contoh: Piaggio, Mercedez Benz)
·         Technology: Dimana suatu produk’jasa melakukan perubahan teknologi dari manual ke digital (contoh: ……..)
·         Inovation: Dimana suatu produk/jasa melakukan inovasi produk-produknya (Contoh: Samsung Mobile)
·         Features: Dimana suatu produk/jasa melakukan penambahan fitur dari produknya (contoh: Ford automotive)
·         Customer Service: Dimana suatu produk/jasa melakukan perbaikan system perbaikan pelayanan pelanggan (contoh: Pizza Hut Delivery,
·         Dealer Network: Dimana suatu produk/jasa melakukan pengembangan pasar (Market Development) (contoh: Honda – PT \AHM)
Focus Strategy  mengarahkan perhatian kepada lini produk yang khusus, pembeli yang tersegmentasi, atau pasar yang sudah tersegmentasi secara geografis, demografis,….. & …….; dan mereka harus mencapai keuntungan. Strategi ini berfokus kepada segala sesuatu yang tersegmentasi dengan baik. Eiger adalah salah satu contoh produk yang menggunakan startegi ini, para pelanggannya tersegmentasi dengan baik, yakni kalangan yang memiliki jiwa petualang atau memiliki mobilitas tinggi. 

Produk Lokal:
Cimory[1]
PT. Cisarua Mountain Dairy atau yang lebih dikenal dengan nama ‘Cimory’ dan terletak di jalan raya Puncak No. 425 Km. 77 Cisarua,Bogor merupakan Industri Pengolahan Susu (IPS) yang terletak di daerah pegunungan di Cisarua, Puncak. Perusahaan ini didirikan pada 2006 dan merupakan salah satu anak perusahaan MACRO Group, yang bergerak di dalam bidang pangan berbasiskan empat protein alami terbaik yaitu daging (PT. Macroprima Panganutama), susu (PT. Cisarua Mountain Dairy), telur (PT. Java Egg Specialities) dan kacang kedelai (PT. Indosoya Sumber Protein). Dalam upaya untuk mengurangi impor susu bubuk serta menaikkan taraf hidup para peternak, PT. Cisarua Mountain Dairy menyerap susu lokal dengan harga yang sangat baik. Artinya, semua produk yang diproduksi Cimory berbahan dasar susu segar lokal. Media Bisnis Indonesia sempat memberikan penghargaan ‘Anugerah Produk Asli’ kategori susu cair kepada pada 2009.
Cimory juga merupakan IPS yang memiliki jenis produk turunan susu yang paling lengkap dan inovatif dan terus berkembang pesat dengan mendistribusikan produknya ke modern-modern outlet seperti hypermarket, supermarket dan minimarket serta terus mengembangkan bisnisnya degan membuka Cimory Resto, Cimory Milk Plus dan Cimory Dairy Shop untuk meningkatkan kepuasan pelanggan serta memudahkan produk Cimory untuk dijangkau. Varian produk Cimory antara lain: Fresh Milk, Yoghurt, Cheese, Cream Cheese, Drink to Eat dan Patisserie.  Motto dari Cimory adalah “Sehat itu Enak”. 
Motto

 





Berbagai gambar varian produk Cimory
Drink to eat
Keju
Keju
Cream Cheese
Fresh Milk
Yoghurt
Yoghurt









Penjelasan:
Dalam pembahasan kali ini, produk Cimory merupakan salah satu contoh produk local yang menggunakan strategi diferensiasi (Differentiation Strategy). Seperti yang dijelaskan diatas, Cimory memiliki berbagai produk olahan susu yang variatif. Unique Selling Point dari Cimory adalah memiliki produk yang menyehatkan dan enak, hal ini juga dapat dilihat dari motto produk “Sehat itu Enak”. Berasal dari peternakan sapi lokal yang terjamin kualitasnya, sehingga produk susu (yang tentunya menyehatkan) yang ditawarkan adalah produk sehat yang dikemas dengan variatif dan rasa enak sehingga menarik untuk dikonsumsi. Cimory terlihat menggunakan Differentiation Strategy dengan melihat beberapa bentuk strategi bisnis yang dilakukannya, antara lain:
a.       Inovation:
·         Cimory berinovasi dengan memiliki berbagai varian produk yang menghindari kejenuhan pelanggan. Hal ini terlihat dari berbagai jenis rasa Fresh Milk & Yoghurt yang ditawarkan, bahkan untuk Yoghurt, Cimory memberikan 2 (dua) jenis Yoghurt (Yoghurt drink & Stirred Yoghurt). Selain itu, bentuk inovasi produksi olahan susu yang dilakukan Cimory bukan hanya terpaku pada varian rasa saja, selain Keju yang memang merupakan produk susu yang biasa dibuat, Cimory juga mengeluarkan produk inovatif “Drink to Eat” yang merupakan liquid meal berbasis yoghurt dengan kandungan nutrisi tinggi dan rendah kalori[2], yang cocok dikonsumsi bagi yang melakukan program diet.
·         Cimory juga melakukan inovasi dengan memiliki outlet pertamanya di Jalan Raya Puncak No. 425 Km. 77 Cisarua,Bogor, dan menjadikannya Cimory Resto. Ini merupakan salah satu inovasi produk yang dilakukan Cimory dengan menawarkan konsep restoran keluarga bernuansa pegunungan dan alam terbuka yang memiliki latar belakang pegunungan, dan udara yang sejuk dan bersih. Selain itu, Cimory juga menawarkan pengalaman edukasi kepada anak-anak tentang proses pengolahan susu dari awal hingga akhir (Cimory Dairy Tour). Konsep resto dan edukasi ini merupakan inovasi produk yang tidak dimiliki oleh Produk olahan susu lainnya





b.      Dealer Network:
·         Outlet pertama Cimory dibuka di di Jalan Raya Puncak No. 425 Km. 77 Cisarua,Bogor. Dalam perkembangan bisnisnya, Cimory kemudian membangun Cimory Milk Plus dan Cimory Dairy Shop untuk memudahkan para pelanggan mendapatkan produk-produknya. Walaupun Cimory Milk Plus dan Cimory Dairy Shop tidak menawarkan seperti outlet utamanya di Cisarua, namun kedua pengembangan bisnis ini, dirasa cukup memenuhi kebutuhan pelanggan untuk saat ini

·         Cimory Dairy Shop merupakan ‘showcase’ produk-produk MACRO group dan home delivery center untuk produk-produk Cimory. Pada tahun 2008 Cimory Dairy Shop hadir di Jakarta (Kelapa Gading) untuk pertama kali nya dan telah berkembang menjadi 10 toko pada tahun 2010.[3]


·         Cimory Milk Plus merupakan counter-counter Cimory yang menyajikan aneka shakes/blends. Semua menu tersebut berbahan dasar susu segar / yoghurt Cimory. Selain pelanggan dapat menikmati Yoghurt Shake, Yoghurt Plus dan Milk Shake, pada counter-counter kami juga terdapat pilihan komplit susu segar Cimory




[1] Source: http://www.cimory.com/
[2] http://www.cimory.com/front/drink_to_eat
[3] http://www.cimory.com/front/dairy_shop

----------------



No comments:

Post a Comment

give me some of ur thoughts..