Generic Strategies
Ada strategi umum yang dapat digunakan dalam melakukan bisnis/usaha yang
nantinya dapat mencapai competitive
advantages. Startegi tersebut terbagi 3 (tiga), yaitu: Overall Cost Leadership, Differentiation, dan Focus. Overall Cost Leadership Strategy fokus kepada pembuatan produk dengan biaya yang rendah.
Pada strategi ini, pengusaha melakukan pengaturan atas seluruh rantai usahanya untuk
mengatur harga jual produk atau jasa yang nantinya akan mucul dipasaran.
Pengendalian secara keseluruhan (dari hulu ke hilir) ini dimaksudkan untuk
mempertahankan harga produk dari fluktuasi bahan produksi sehingga harga pasar yang
ditargetkan tercapai dan tetap stabil. Misalkan Superindo, salah satu
Supermarket yang mengeluarkan brand sendiri untuk produk keperluan
sehari-hari (daily needs), seperti: Beras, Gula, air mineral dll. Produk ini
dikeluarkan dengan jumlah yang banyak guna menekan harga produksi untuk
,memberikan harga terbaik kepada pelanggan.
Differentiation Strategy
mensyaratkan perusahaan untuk membuat produk/jasa yang unik (berbeda) dan bernilai
lebih. Pembedaan ini bertujuan untuk memberikan kenyamanan dan kepuasan pada
pelanggan sehingga mereka rela mengeluarkan dana yang lebih mahal. Differention Strategy ini dapat
berbentuk:
·
Prestige atau Brand Image:
Dimana suatu produk/jasa dianggap bernilai karena memiliki citra tersendiri
dimata konsumen (contoh: Piaggio, Mercedez Benz)
·
Technology: Dimana suatu produk’jasa melakukan perubahan teknologi
dari manual ke digital (contoh: ……..)
·
Inovation: Dimana suatu produk/jasa melakukan inovasi
produk-produknya (Contoh: Samsung Mobile)
·
Features: Dimana suatu produk/jasa melakukan penambahan fitur
dari produknya (contoh: Ford automotive)
·
Customer Service: Dimana suatu produk/jasa melakukan
perbaikan system perbaikan pelayanan pelanggan (contoh: Pizza Hut Delivery,
·
Dealer Network: Dimana suatu produk/jasa melakukan pengembangan
pasar (Market Development) (contoh:
Honda – PT \AHM)
Focus Strategy mengarahkan perhatian kepada lini produk yang khusus,
pembeli yang tersegmentasi, atau pasar yang sudah tersegmentasi secara
geografis, demografis,….. & …….; dan mereka harus mencapai keuntungan. Strategi
ini berfokus kepada segala sesuatu yang tersegmentasi dengan baik. Eiger adalah salah satu contoh produk yang menggunakan startegi ini,
para pelanggannya tersegmentasi dengan baik, yakni kalangan yang memiliki jiwa
petualang atau memiliki mobilitas tinggi.
Produk Lokal:
Cimory[1]
PT. Cisarua Mountain Dairy atau yang lebih dikenal dengan nama ‘Cimory’ dan
terletak di jalan raya Puncak No. 425 Km. 77 Cisarua,Bogor merupakan Industri Pengolahan Susu
(IPS) yang terletak di daerah pegunungan di Cisarua, Puncak. Perusahaan ini
didirikan pada 2006 dan merupakan salah satu anak perusahaan MACRO Group, yang
bergerak di dalam bidang pangan berbasiskan empat protein alami terbaik yaitu
daging (PT. Macroprima Panganutama), susu (PT. Cisarua Mountain Dairy), telur
(PT. Java Egg Specialities) dan kacang kedelai (PT. Indosoya Sumber Protein). Dalam
upaya untuk mengurangi impor susu bubuk serta menaikkan taraf hidup para
peternak, PT. Cisarua Mountain Dairy menyerap susu lokal dengan harga yang
sangat baik. Artinya, semua produk yang diproduksi Cimory berbahan dasar susu
segar lokal. Media Bisnis Indonesia sempat memberikan penghargaan ‘Anugerah
Produk Asli’ kategori susu cair kepada pada 2009.
Cimory juga merupakan IPS yang memiliki jenis produk turunan susu yang
paling lengkap dan inovatif dan terus berkembang pesat dengan mendistribusikan produknya ke modern-modern
outlet seperti hypermarket, supermarket dan minimarket serta terus mengembangkan
bisnisnya degan membuka Cimory Resto, Cimory
Milk Plus dan Cimory Dairy Shop untuk
meningkatkan kepuasan pelanggan serta memudahkan produk Cimory untuk dijangkau.
Varian produk Cimory antara lain: Fresh
Milk, Yoghurt, Cheese, Cream Cheese, Drink to Eat dan Patisserie. Motto dari
Cimory adalah “Sehat itu Enak”.
Motto |
Berbagai gambar varian produk Cimory
Drink to eat |
Keju |
Keju |
Cream Cheese |
Fresh Milk |
Yoghurt |
Yoghurt |
Penjelasan:
Dalam pembahasan kali ini, produk Cimory merupakan salah satu contoh
produk local yang menggunakan strategi diferensiasi (Differentiation Strategy). Seperti yang dijelaskan diatas, Cimory memiliki
berbagai produk olahan susu yang variatif. Unique Selling Point dari Cimory
adalah memiliki produk yang menyehatkan dan enak, hal ini juga dapat dilihat
dari motto produk “Sehat itu Enak”. Berasal dari peternakan sapi lokal yang
terjamin kualitasnya, sehingga produk susu (yang tentunya menyehatkan) yang ditawarkan
adalah produk sehat yang dikemas dengan variatif dan rasa enak sehingga menarik
untuk dikonsumsi. Cimory terlihat menggunakan Differentiation Strategy dengan melihat beberapa bentuk strategi
bisnis yang dilakukannya, antara lain:
a. Inovation:
·
Cimory
berinovasi dengan memiliki berbagai varian produk yang menghindari kejenuhan
pelanggan. Hal ini terlihat dari berbagai jenis rasa Fresh Milk & Yoghurt
yang ditawarkan, bahkan untuk Yoghurt, Cimory memberikan 2 (dua) jenis Yoghurt
(Yoghurt drink & Stirred Yoghurt). Selain itu, bentuk inovasi produksi
olahan susu yang dilakukan Cimory bukan hanya terpaku pada varian rasa saja, selain
Keju yang memang merupakan produk susu yang biasa dibuat, Cimory juga mengeluarkan
produk inovatif “Drink to Eat” yang merupakan
liquid meal berbasis yoghurt dengan kandungan nutrisi tinggi dan rendah
kalori[2],
yang cocok dikonsumsi bagi yang melakukan program diet.
·
Cimory juga melakukan inovasi dengan memiliki
outlet pertamanya di Jalan Raya Puncak No. 425 Km. 77
Cisarua,Bogor, dan menjadikannya Cimory Resto. Ini merupakan salah satu inovasi
produk yang dilakukan Cimory dengan menawarkan konsep restoran keluarga bernuansa
pegunungan dan alam terbuka yang memiliki latar belakang pegunungan, dan udara
yang sejuk dan bersih. Selain itu, Cimory juga menawarkan pengalaman edukasi
kepada anak-anak tentang proses pengolahan susu dari awal hingga akhir (Cimory Dairy Tour). Konsep resto dan
edukasi ini merupakan inovasi produk yang tidak dimiliki oleh Produk olahan
susu lainnya
b.
Dealer Network:
·
Outlet pertama Cimory dibuka di di
Jalan Raya Puncak No. 425 Km. 77 Cisarua,Bogor. Dalam perkembangan bisnisnya,
Cimory kemudian membangun Cimory Milk
Plus dan Cimory
Dairy Shop untuk memudahkan
para pelanggan mendapatkan produk-produknya. Walaupun Cimory Milk Plus dan
Cimory Dairy Shop tidak menawarkan seperti outlet utamanya di Cisarua, namun
kedua pengembangan bisnis ini, dirasa cukup memenuhi kebutuhan pelanggan untuk
saat ini
·
Cimory Dairy Shop
merupakan ‘showcase’ produk-produk MACRO group dan home delivery center untuk
produk-produk Cimory. Pada tahun 2008
Cimory Dairy Shop hadir di Jakarta (Kelapa Gading) untuk pertama kali nya dan
telah berkembang menjadi 10 toko pada tahun 2010.[3]
· Cimory Milk Plus merupakan counter-counter Cimory yang menyajikan aneka shakes/blends. Semua menu tersebut berbahan dasar susu segar / yoghurt Cimory. Selain pelanggan dapat menikmati Yoghurt Shake, Yoghurt Plus dan Milk Shake, pada counter-counter kami juga terdapat pilihan komplit susu segar Cimory
No comments:
Post a Comment
give me some of ur thoughts..