blog

blog
Click above to see my blog ....^^^^^^

Tuesday, April 30, 2013

Resume film OBLIVION

Diawal film diceritakan bahwa bumi diserang dan kemudian hancur. Dalam cerita tersebut dikisahkan bhw manusia memenangkan peperangan,namun bumi hancur dan tidak bersisa.



Namun dlm keadaan tersebut, ada alien yg disebut 'pemakan bangkai' yang terus menerus menyerang bumi. Mereka minoritas, namun tetap ada. Disinilah fungsi robot yang mengamankan bumi dari para pemakan bangkai.
Para manusia lainnya tinggal di Tet (Titan). Dan kedua orang inilah (Jack dan Vika) yang akhirnya ditugaskan di Bumi untuk memastikan bahwa robot2 yang ada berjalan dengan baik. Jack Harper (Tom Cruise) adalah teknisi yang memperbaiki robot di lapangan. Sedangkan Victoria (Vika) merupakan petugas control komunikasi yang menghubungkan tempat mereka bekerja (pangkalan 49) dgn Tet (yg bernama Sally)
Secara keseluruhan, efek dari film ini bagus. Namun sejujurnya utk jalan cerita saya kurang begitu sreg karena banyak hal yang agak sulit masuk kedalam pikiran saya.
Di bumi tersebut, belakangan diketahui bhw para pemakan bangkai tsb adalah manusia. Saat Jack Harper ditangkap oleh mereka dan dibawa kepangkalan, ternyata disana tampak para manusia berkumpul dan menjalani hidup selama ini. Siapa Jack Harper?
Setiap malam Jack selalu memimpikan hal yang sama, seorang wanita dan sebuah teropong di menara tersebut. Disuatu malam, saat Jack sedang bertugas, ada sebuah pesawat dari luar angkasa yang jatuh ke bumi. Jack memaksakan diri untuk tetap menuju kelokasi meskipun sudah dilarang oleh Tet(Sally) melalui Vika.
Saat Jack tiba dilokasi, Ted melihat ada kapsul2 bertebaran yang dijatuhkan oleh pesawat model lama.kapsul2 tersebut berisi manusia, dan salah satu dari kapsul tersebut berisi wanita yang selama ini berada didalam mimpi Ted. Tak lama dari itu, tiba2 robot (yang biasa diperbaik oleh Ted) datang dan mulai menghancurkan satu persatu kapsul yang berisi manusia tersebut. Rasa penasaran Ted membuat ia menyelamatkan kapsul berisi sang wanita dari robot dan membawanya kepada vika.
Saat dibangunkan dari tidur panjang, diketahui bahwa nama wanita tsb adalah Julia(yg belakangan diketahui merupakan istri Jack Harper). Julia bersikeras untuk mencari kotak rekaman suara kapal yang ia tumpangi hingga ia bisa terjatuh ke Bumi dan tertidur cukup lama. Akhirnya kotak rekaman ditemukan,dan disinilah Julia coba menjelaskan bhw dirinya pada awalnya memiliki misi yang sama dengan jack, mereka semua ditidurkan dan sepertinya Jack dan Vika yang lebih dahulu dibangunkan oleh misi tsb.
Para pemakan bangkai yg ternyata adalah manusia meminta bantuan Jack Harper untuk menghancurkan tet(titan), dengan menggunakan bom dan mengirimkan robot ke Tet agar dpt hancur
Sekembalinya Jack kepangkalan, Jack tdk lagi diterima oleh Vika dan hal itulah yg mengakibatkan Vika meninggal krn ditembak oleh mesin dari Tet.
Disinilah kemudian Jack Harper menemukan kenyataan bahwa ternyata ia bertubuh ganda. Ada Jack Harper dan Vika dgn wajah yang sama di pangkalan yg berbeda. Ia menemukan Jack Harper lainnya dengan nomor pangkalan 52. Ternyata dipangkalan tersebut, ia pun juga menemukan Vika yang sama.
Pada kondisi ini, Jack sadar bahwa dirinya bukanlah Jack Harper yang sesungguhnya. Dirinya ternyata bertubuh ganda. Bahwa mungkin Jack Harper sebenarnya sudah meninggal pada 60tahun lalu saat Julia ditidurkan. (Saat julia ditemukan,terlihat bahwa ia ditidurkan-berada didalam kapsul sejak 60tahumn lalu)
Disinilah usahanya mencari tahu ttg Tet dimulai. Jack dan Julia kembali ke tempat penampungan dimana manusia2 yg disebut pemakan bangkai itu tinggal. Kehadiran Jack dan Julia sudah sangat ditunggu oleh oleh mereka. Jack bersedia membantu dan mulai memperbaiki robot yang nantinya akan digunakan untuk merusak Tet.
Namun naas..saat Robot berniat utk diberangkatkan,tiba2 penampungan manusia diserang oleh Robot2 lainnya. Banyak yang menjadi korban jiwa, dan robot yang rencananya diberangkatkan pun rusak. Satu2nya jalan adalah ada seseorang yang membawa sendiri bom itu ke Tet. Jack pun bersedia membawanya kesana, ditemani oleh pimpinan komunitas manusia yang sedang dlm kondisi sekarat. Akhirnya pun misi berhasil dilaksanakan. Komunitas Manusia selamat dari ancaman robot tet.
Dalam perjalanannya membawa bom ke Tet, Jack Harper coba mendengarkan rekaman pesawat Julia yang berkali-kali dicari dan akhirnya berhasil ditemukan oleh Julia. Dari sanalah diketahui bahwa ternyata Jack Harper adalah pimpinan kelompok astronot yang memiliki misi dr bumi utk menuju ke Tet(titan). Mereka datang bersama para astronot lainnya, namun astronot lainnya ditidurkan hingga waktunya tiba utk dibangunkan. Terdengar suara Jack Harper berkomunikasi dgn Sally-Nasa, yang ternyata merupakan Sally Tet. Dengan Kondisi yang sama, tiba2 kapal mengalami gangguan atau apa. Yang akhirnya membuat Jack mengambil keputusan utk tetap menidurkan para astronot lainnya, termasuk istrinya. Dan mengirimkan kapsul" mereka untuk0kembali ke Bumi. Kapsul2 inilah yang akhirnya ditemukan oleh Jack Harper dan membuatnya menyelamatkan Julia. Kenapa bersama Vika, ternyata Vika jg merupakan tim astronot yang berangkat bersama mereka, namun Vika dan Jack dibangunkan lebih awal, hingga akhirnya hanya Jack dan Vika saja yang bisa digandakan. Dan rekaman pun terputus saat kapal Jack dan Vika memasuki Titan.
Saat kapal Jack yang membawa bom memasuki Titan, Ternyata disana tampak Banyak Jack yang digandakan. Dan mungkin banyak vika jg yang digandakan. Mungkin alasan kenapa hanya Jack dan Vika yang digandakan, krn hanya mereka yang masuk ke Titan. Belakangan mereka diberikan ingatan baru bahwa manusia diserang oleh para pemakan bangkai. Terlihat bahwa Sally yang bicara selama ini hanyalah sebuah mesin besar yang bicara. Tidak ada siapapun disana, dan akhirnya proses penyelamatan dunia dilakukan. Jack dan sang pemimpin komunitas yang sekarat meledakkan tet dan bumi selamat

Julia yang dikirim selagi tidur ke tempat imipiannya
Rumah yang rindang dipinggir danau, yang telah dibangun oleh Jack utk tempat tinggal mereka berdua. Dan beberapa tahun kemudian, saat Julia memiliki anak, tiba2 rombongan komunitas manusia lainnya datang ke tempat Julia, dan akhirnya menemukan rumah Julia. Dan disana muncul Jack Harper, bukan..bukan Jack Harper yang bunur diri di Tet, tapi Jack Harper dari pangkalan 52 yang sempat kabur saat diikat oleh Jack Harper 49 saat mereka smpat bersiteru.
-----
Mungkin kalian agak bosan membaca cerita saya..
Maaf yaaa... Hehehe.. Saya aja smpat agak bosan nulisnya.. Dari waktu saya nonton, sebenarnya saya langsung cb buat resumenya, tapi sangking sempet nyaris bosen..udah ketunda agak lama... :D
Secara keseluruhan film ini bagus, efeknya bagus, pemainnya bagus Tom Cruise.. Aku suka Tom Cruise..walpopun peran Julia disini tidak terlalu banyak berbicara dan agak sedikit buat saya gemas dgn semua pertanyaan. Tapi secara keseluruhan film ini layak ditonton, selain ada beberapa hal yang sempat sy pikirkan selepas nonton film ini

Ada beberapa hal yang menurut saya agak kurang sinkron dlm ceritanya..bahkan dalam hati hingga saya selesai menulis kembali resume film OBLIVION ini, banyak pikiran yang muncul dikepala saya:
1. Kemana manusia lainnya dibelahan bumi lainnya?
2. Sebenarnya apa yang terjadi sesungguhnya dgn bumi kalau begitu? Kenapa bisa porak poranda?
3. Siapa pengendali Tet? Siapa yang menciptakannya? Kenapa dia ada? Dan kenapa mereka bisa menghancurkan manusia?
4. Dalam rangka misi apa Jack Harper, Vika, Julia dan astronot lainnya itu datang ke Tet?siapa yang memintanya? Kenapa mereka mau? Siapa dalang dari Tet ini?
5. Dengan ditampilkannya pangkalan 49 dan pangkalan 52. Artinya masih ada pangkalan 1-48, dan 50-51, dan mungkin masih banyak pangkalan yang diisi oleh Jack dan Vika di seluruh bumi.Melihat banyaknya jack yang berada di Tet. Namun bagaimana nasib mereka? Mereka pasti punya misi yang sama dgn Jack & Vika lainnya, dan mereka pasti berada di bumi.
6. Saya masih sedikit tidak terima dengan keadaan bhw Jack Harper yang berjuang sekuat tenaga harus mati saat membawa bom, dan utk Julia digantikan oleh Jack nomor 52(yang tidak tahu apapun)
7. Anak yang muncul pada scene akhir bersama Julia, tampak spt anak Julia yg berusia setahun/2tahun. Kapan ia berhubungan dengan Jack?apakah ternyata saat ditidurkan 60 tahun lalu, Julia sedang dlm kondisi hamil? Bagaimana cara ia bisa melahirkan? SEORANG DIRI, ditengah hutan,dipinggir danau
8. Saat penyerangan pertama oleh robot saat DNA Jack Harper itu diikuti oleh robot tet, semestinya robot lainnya segera datang ke persembunyian para manusia tsb, namun ini tidak. Seakan2 hanya membuat kesan dramatisir saat Jack dan Julia pergi mencari tahu, ada robot yang perlu dibereskan. Namun selang waktu robot selanjutnya utk dtg kesana dan melakukan penyerangan disaat Jack sudah siap mengirimkan robot utk meledakkan tet itu, menurut saya agak terlalu lama. Karena disana diceritakan saat Ted pergi dr penampungan manusia (penyerangan robot pertama). Jack dan julia pergi ke menara tempat dimana mimpinya muncul, kemudian belakangan Jack dan julia ditemukan oleh kapal 49, dikapal itu akhirnya Vika melihat Jack dan Julia berpelukkan. Saat Jack kembali ke pangkalan, vika cemburu dan akhirnya melaporkan kepada tet bahwa tim mrk tidak lagi efektif. Vika mati. Tet melarikan diri dan masuk ke zona Radiasi, dan disini baru diketahui bhw ada si Jack 52. Jack 49 yg kapalnya hancur, mencoba menuju ke pangkalan 52, dan disana bertemu dgn Vika yg sama dgn pangk 49. Dari sanalah Jack baru menuju penampungan manusia lagi yang akhirnya diserang kembali oleh robot. Bagi saya itu merupakan waktu yang sangat lama bagi sebuah robot utk melakukan sesuatu dari penyerangan pertama ke penyerangan berikutnya
Dan mungkin kawan" lain saat menonton OBLIVION ada yang juga punya pikiran lain?
Monggo atuh di share..
--
Powered by Telkomsel BlackBerry®






















2 comments:

  1. Iya tuh masih bingung habis nontonya...
    pertanyaan 1-8 itu bener banget sama dengan pikiran aku.
    pendapat aku tet itu adalah alien yg sesungguhnya...

    ReplyDelete
  2. iya, penuh misteri dan tanda tanya

    ReplyDelete

give me some of ur thoughts..